Langsung ke konten utama

Latest video-course

1-tag:Videos-800px-video

Hikmah dari Perjalanan Kisah Hidup Nabi Yusuf

 

Hikmah dari Perjalanan Kisah Hidup Nabi Yusuf







Kisah Nabi Yusuf menjadi salah satu kisah Nabi yang bisa memberikan hikmah bagi siapa saja. Bagaimana Nabi Yusuf menjalani kehidupannya. Tidak sedikit orang-orang pun menjadikannya sebagai suri tauladan untuk menegakkan agama bahkan sekedar sehari-hari.

Dalam perjalanan hidupnya, begitu banyak pembelajaran penting serta berharga yang bisa kita ambil. Grameds dapat membaca buku Nabi Yusuf (Sebaik-Baik Kisah) yang dipenuhi dengan inspirasi serta hikmah yang bisa kamu pelajari.

1. Nabi Yusuf Tidak Sombong dengan Ketampanannya

Anda pun tentu sudah mengetahui bahwa Nabi Yusuf memiliki wajah yang begitu tampan jika dibandingkan dengan nabi lainnya. Hal ini menjadi salah satu hikmah dari Allah. Lantas karunia ini tidak membuatnya merasa sombong untuk dipamerkan kepada orang lain dan membuat iri.

Nabi Muhammad bahkan selalu rendah hati dengan apa yang sudah dimilikinya. Tidak jarang jika dirinya selalu mematahkan pujian dari orang lain. Kerendahan hati ini tentu menjadi pelajaran penting untuk semua orang terutama kaki-laki. Bahwa ketampanan hanya titipan Allah semata.

 

2. Selalu Menjaga Hawa Nafsunya

Berkat ketampanan yang dimilikinya, membuat banyak wanita akhirnya tergila-gila dengannya. Zulaikha bahkan mencoba berbagai cara hanya untuk menggoda Nabi Yusuf. Namun hal ini tidak membuatnya bisa tergoda dengan rayuannya karena mampu menjaga hawa nafsunya..

Nabi Yusuf dikenal memiliki pengendalian diri yang bagus sehingga tidak mudah untuk terjerat dengan godaan syaitan. Alih-alih menanggapi rayuan banyak wanita, beliau justru meningkatkan imannya kepada Allah. Caranya, selalu berbuat baik dan menghindari hal-hal buruk.

 

3. Tidak Menyimpan Dendam pada Saudaranya

Sifat baik yang dimiliki oleh Nabi Yusuf adalah tidak pernah mengeluh dan memunculkan rasa iri hatinya. Kasih sayang dari Nabi Ya’kub memang diakui lebih kuat kepada Yusuf sehingga membuat saudaranya dengki. Mereka pun memutuskan untuk membuangnya ke dalam sumur.

Nabi Yusuf pun tidak pernah menyimpan dendam pada saudaranya sekalipun mengalami kesulitan. Sifat ini bisa ditiru oleh semua umat Muslim untuk selalu memaafkan kesalahan orang lain. Mengingat bahwa tidak sedikit diantaranya memilih untuk balas dendam dengan berbagai cara.

 

4. Senantiasa Sabar dengan Ujian Hidupnya

Kisah Nabi Yusuf pun tidak luput dari berbagai cobaan dan ujian yang dilaluinya. Akibat rasa iri saudaranya hingga harus dibuang ke sumur, Nabi Yusuf pun harus menjalani kehidupan keras. Misalnya hidup terpisah dari orang tuanya, menghadapi godaan dari banyak wanita sampai difitnah masuk ke penjara dalam jangka waktu yang lama.

Cobaan yang begitu banyak datang ke Nabi Yusuf justru membuatnya tidak mudah untuk menyerah. Beliau terus menambah keimanannya dan selalu bertawakal kepada Allah. Tidak putus untuk selalu meminta pertolongan dan petunjuk kepada-Nya agar senantiasa diberikan kesabaran.

5. Tidak Sombong dengan Kelebihan yang Dimiliki

Kesombongan biasa dimiliki oleh manusia dan membuatnya hanya mengundang iri dengki oleh orang di sekitarnya  Hal ini pun nyatanya juga menjadi salah satu teladan dari Nabi Yusuf. Sifat ini bisa dilihat dari pengalaman mimpinya melihat 11 bintang, bulan dan matahari bersujud kepadanya.

Nabi Yakub yang mengetahui apa makna dibaliknya, meminta kepada Nabi Yusuf untuk merahasiakannya. Bahkan ketika beliau memiliki keahlian dalam tafsir mimpi juga tidak membuatnya sombong akan kelebihannya. Karunia ini tetap dimanfaatkan dengan baik tanpa dipamerkan ke semua orang.

6. Selalu Waspada dan Berhati-Hati dengan Kemungkinan Buruk

Kisah Nabi Yusuf bisa memberikan pengingat kepada semua orang bahwa hal huruk dapat berasal dari mana saja. Beliau mendapatkan serangan serigala hingga tidak mengelak akan rencana pembunuhan oleh saudaranya sendiri. Tentunya contoh tadi sangatlah berbahaya.

Meski Nabi Yusuf bisa selamat dari sumur akibat pertolongan Allah, tetap saja ada keburukan yang datang di sekitarnya. Beliau pun selalu bersikap waspada dengan selalu meminta perlindungan kepada Allah. Anda pun juga harus tetap berhati pada siapapun dan dimanapun

Komentar